MCSCI (Manchester City Supporter Club Indonesia) – GALAWI (Tegal-Slawi).

Komunitas yang berdiri pada tanggal 16 April 2016 ini merupakan kumpulan pecinta Manchester City, sebuah club sepak bola dari Inggris. Tak heran, dengan prestasi yang diraihnya club ini mampu mamikat hati pecinta bola, terutama di negri kita tercinta. Mereka tergabung dalam Manchester City Supporter Club Indonesia (MCSCI ) dan terpecah di kota masing-masing.

Di Tegal sendiri komunitas ini di sebut MCSCI Chapter GALAWI (Tegal-Slawi) yang berjuluk Cityzen Galawi, seperti namanya anggota komunitas ini hanya dari daerah Tegal dan Slawi. Komunitas ini sudah resmi, di tandai oleh sertifikat dari Sekretariat MCSCI yang berpusat di Jakarta dan di tanda tangani oleh Ipung Purwanto, SE sebagai president MCSC Indonesia. Sertifikat itu di dapat dengan melakukan gethering Nasional bersama dengan supporter Manchester City lainnya dari berbagai daerah di Tawamangun Kab Karang anyar, Jawa Tengah sekitar tahun 2017.

Berawal dari anggota yang hanya 10 orang, mereka terus berkembang hingga kini. Mereka terus menyebarkan komunitas ini melalui sosmed yang di miliki, seperti facebook, instagram, dan bergabung melalui grup whatsapp. Seiring berkembangnya waktu, kini anggota mereka sudah 70 orang. Anggotanya terdiri dari berbagai kalangan, dari anak sekolah, mahasiswa, sampai mereka yang sudah bekerja. Untuk usia mereka batasi minimal 13 tahun dikarenakan kegiatannya banyak dilakukan pada malam hari.

Untuk kegiatannya sendiri, mungkin tak jauh beda dari komunitas bola lainnya seperti nobar, kumpul bareng, bukber saat bulan ramadhan, dan main futsal bersama. Basecamp mereka ada di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal Jl. KH Agus Salim No 2 Kudaile – Slawi 52413, disana biasanya mereka melakukan kegiatan. Walaupun ini komunitas supporter bola, mereka juga suka dengan kegiatan sosial seperti penggalangan dana bagi yang terkena bencana, dan bagi-bagi takjil saat bulan Ramadhan. Mereka juga pernah ikut evakuasi korban banjir di Pantai Larangan, serta kegiatan kemanusiaan lainnya.

Prestasi yang pernah di dapat komunitas ini pun lumayan bagus, club futsal mereka pernah merebut juara 1 dalam acara super socer pada tahun 2016 yang lalu. Selain itu, tak seperti berita-berita supporter bola di luar sana yang dikenal dengan kerusuhannya, komunitas yang satu ini justru di terima hangat oleh masyarakat dan pemerintah.

Mereka juga pernah di undang oleh salah satu radio swasta untuk ikut mengisi bincang-bincang tentang komunitas. Disana mereka tak sendiri, banyak supporter bola dari berbagai club hadir. Tak ada rasa benci atau dendam diantara mereka, justru itu dijadikan ajang untuk silaturahmi.

Untuk kedepannya, tentu mereka sangat berharap agar komunitas ini bisa berkembang lebih baik lagi. Selain untuk mensupport tim kesayangan mereka, mereka juga ingin agar Citizens GALAWI bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sesuai dengan tujuan mereka.

“ Untuk anak muda sendiri, saya berharap mereka bisa mengembangkan kemampuan dan bakat mereka dalam bidang apapun. Lebih banyak melakukan hal positif, jika ikut komunitas juga komunitas yang positif, apalagi kalau bisa membantu banyak orang. Jangan mudah putus asa, walau banyak yang menjatuhkan.” Ujar Agus Sucipto selaku ketua dari Cityzen Galawi.

Penulis: Siti Fatimah

Wawancara: Ozi, Mulki, Rahmi

Narasumber: Agus Sucipto (Ketua Cityzen Galawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *