Belajar Menulis di Jurnalis Xpress.

Jurnalis Xpress adalah kegiatan pelatihan kepenulisan tentang dunia jurnalis yang diadakan secara xpress atau cepat. Acara ini diselenggarakan oleh Mata Kampus pada hari Minggu, 17 Februari 2019 di Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakila Kerti komplek ruko terminal Tegal. Dihadiri oleh 21 peserta dari SMA/SMK/MA yang ada di Tegal dan sekitarnya. Kegiatan ini memiliki tema “Membangun Kreativitas Kepenulisan Generasi Milenial”. Pengisi materinya pun yang sudah memiliki banyak sekali pengalaman di bidang jurnalistik, Riyono Toepra (wartawan Suara Merdeka) dan Laela Nurchayati (Redaktur Harian pagi Radar Tegal).

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan, disambung dengan sambutan-sambutan, dan dilanjutkan dengan materi. Materi pertama disampaikan oleh Laela Nurchayati, wanita yang gemar senyum ini menjelaskan tentang arti jurnalis dan bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik. Materi kedua yaitu tentang tata cara prakteknya dilapangan yang disampaikan oleh Riyono Toepra. Ditengah-tengah acara juga menampilkan pembacaan puisi tegalan yang berjudul “Asongan” oleh Supriatin, seorang pedagang asongan di terminal. Supriatin adalah salah satu murid di Taman Baca Masyarakat. Setelah mendapatkan materi, peserta diarahkan untuk langsung menerapkan materi yang sudah mereka dapatkan dengan cara mencari sebuah berita di sekitar terminal.

Selain kegiatan pelatihan jurnalis untuk siswa/siswi, acara ini juga sebagai peresmian jurnalis mata kampus yang baru. Jurnalis baru yang dikukuhkan ada 10 orang, yaitu Muhammad Fathhurozi, Muh Mulki Aulia Alhaq, Eli Krisnawati, Ade Bayu Aji, Mia Tania, Muhaimin Rizky, Trisno Harjono, Akhmad Nur Syaikhudin, Mazah Dwi Fajar, Risnanda H M. Peresmian dilakukan dengan cara mengalungkan ID Card kepada para jurnalis sebagai tanda pengenal untuk mereka.

Setelah selesai mencari berita, mereka diarahkan ke Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal untuk istirahat sekaligus memperkenalkan kampus poltek ke mata pemuda. Mereka beristirahat dan makan siang di cafe Harber yang baru diresmikan pada tanggal 14 Februari 2019 kemarin. Disela-sela istirahat mereka dikenalkan tentang Politeknik Harapan Bersama, dan tidak ketinggalan pula perkenalan prodi baru yaitu D3 Perhotelan dan D4 Akuntansi Sektor Publik.

Sekitar pukul 13.20 dilanjutkan ke Lab Komputer yang ada di gedung B untuk mengetik berita yang sudah mereka dapatkan. Waktu yang diberikan sekitar 30 menit untuk mengetik naskah berita tersebut. Tentu mereka juga didampingi para jurnalis dalam membuatnya. Diakhir acara yaitu pembagian sertifikat dan doorprize kepada para peserta, serta sesi foto bersama.

Foto Bersama Team dan Peserta.

“Kesan saya mengikuti pelatihan jurnalis so excited. Jurnalis Xpress memberi saya sebuah pengalaman baru, mencoba menyelami dunia jurnalis dengan kilat. Banyak hal baru yang saya tahu, TBMnya juga luar biasa. Apalagi ketika mendengarkan puisi karya ibu supriatin yang seorang pedagang asongan, saya terharu. Jurnalis Xpress menjadikan saya seperti sebuah gelas kosong yang akhirnya bisa terisi, terimakasih Jurnalis Xpress. Pesan saya semoga kegiatan seperti ini terus continue, sehingga akan lebih banyak pihak yang merasakan manfaatnya” ujar Sekar, peserta dari SMK N 1 Slawi.

Penulis : Sifa


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *