Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Pada Ibu Hamil??

Beberapa hari yang lalu kami team jurnalis mata kampus mewawancarai Dr. Aji Pramudito Wibowo,Sp.OG.,M,kes. Di RSIA Kasih Ibu Kota Tegal, . Ini adalah kali kedua dokter yang gemar dengan dunia musik ini kita jumpai, namun kali ini beda tema. Tema kali ini tentang cara menjaga kesehatan pada ibu hamil.

Apa itu kandungan kesehatan tentang ibu hamil? Menurut Dr. Aji yang dikatakan kandungan adalah kandungan yang dalam janin yaitu yang berkembang setelah fase embrio dan sebuah kelahiran dalam bahasa latin. Nah, bagaimana dengan cara perawatan pada janin ibu hamil yaitu dengan tahap terimeter dan kontraks itu. Jika tidak adanya pemeriksaan pada ibu hamil akan mengakibatkan ibu hamil tersebut kurang terjaga , dan harus ada pemeriksaan secara teratur karena kesehatan ibu hamil itu penting harus benar-benar dijaga baik ibu hamil muda maupun sudah hamil tua.

            Kesehatan pada ibu hamil sangat penting karena untuk menghindari adanya keguguran yang dialami ibu hamil tersebut dan hindari dari asap rokok yang ada disekitar, jika ibu hamil menghisap asap rokok akan mengakibatkan sicalon bayi tersebut tidak sehat dan ibu hamil tersebut bias terjadi seperti sesak nafas atau mengalami kekebalan tubuh yang kurang.

            Nah,,bagaimana cara mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil yaitu dengan makan buah-buahan dan sayur-sayuran , serta untuk menjaga kesehatan ibu hamil biasanya dilakukan dengan cara senam ibu hamil , dengan melakukansenamtersebutakanmeningkatkan rasa semangat yang tinggi dan sehat, jadi tidak rentan dengan resiko terjadinya keguguran.

            Menjaga pola tidur juga termasuk cara untuk menjaga kesehatan pada ibu hamil, karena pola tidur merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena jika tidak diatur dengan benar dapat mengakibatkan kondisi tubuh tidak stabil, dan itu tidak baik khususnya untuk ibu hamil. Ada beberapa cara tidur yang baik dan sangat dianjurkan untuk ibu hamil :

  1. Tidur siang, karena dengan tidur siang akan membuat ibu hamil mengembangkan energy dan tenaga.
  2. Tidur malam yang tidak terlalu larut malam, karena ibu hamil harus istirahat yang cukup agar ibu hamil tersebut tidak mengalami insomia.
  3. Usahakan untuk tidak tidur pagi , karena tidur dipagi hari akan membuat badan menjadi les

Itulah beberapa hasil wawancara kami dari team jurnalis Mata Kampus dengan Dr. Aji Pramudito Wibowo,Sp.OG.,M.Kes. Pria berkacamata ini adalah lulusan pendidikan fakultas Universitas Sebelas Maret Surakarta. Lulus sebagai dokter spesialis obstetric dan ginekologi .dengan prestasi Pemenang piagam Prawiroharjo 2018, Sertifikat IGES laporoskopi, dan Tim Smart IVF Jakarta. Dan juga aktif dalam pemberian materi mengenai kandungan di sosial medianya.

Penulis : Mega Siti Khumaeroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *