Pentingnya Teknologi Dalam Upaya Bela Negara Dan Pertahanan Maritim

Pangkalan TNI AL Tegal adalah pangkalan TNI AL kelas C di bawah Komando pembinaan  pangkalan utama TNI AL V Surabaya. Tugas TNI tercantum dalam UU Nomor.34 tahun 2004 tentang TNI, pasal 7 ayat (1) tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar republik indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap  keutuhan bangsa dan negara.

Dan tugas pokok Lanal Tegal adalah menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik unsur-unsur TNI AL.

Pada hari kamis (29/11) bertempat di auditorium gedung C kampus 1 Politeknik Harapan Bersama di adakan kegiatan komunikasi sosial TNI AL. Kehadiran TNI AL bertujuan untuk membangun kerja sama antara Lanal Tegal dan Politeknik Harapan Bersama. Acara ini di hadiri oleh perwakilan mahasiswa politehnik semua prodi. Acara di mulai pukul 09:00 WIB.

Di awali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan pertama dari Direktur politeknik harapan bersama, Mc. Chambali,B.Eng E.E.,M.Kom. dan sambutan kedua dari komandan lanal Tegal; Letkol laut (p) Agus Haryanto,S.E.,M.Tr.Hanla. dan pemberian cindera mata dari Lanal tegal untuk politeknik harapan bersama dilanjutkan pembahasan materi dengan tema ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Kemaritiman Dan Sistem Pertahanan Laut Nusantara’.

Materi di sampaikan langsung oleh Letkol laut (p) Agus Haryanto,S.E.,M.Tr.Hanla. pria berbadan kekar ini memaparkan mengenai bela negara dan teknologi pertahanan maritim, tekonologi di zaman sekarang sudah sangat maju dan tugas kita sebagai mahasiswa adalah memanfaatkan teknologi yang ada untuk kepentingan negara. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjadi acuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di bidang teknologi guna memperkuat pertahanan maritim.

Materi kedua di sampaikan oleh Jatmiko Indriyanto,M.Kom dosen politehnik harapan bersama.  Memaparkan mengenai perkembangan teknologi yang semakin pesat, di harapkan kita sebagai penerus bangsa dapat memanfaatkan teknologi yang ada.  Dan menciptakan teknologi baru untuk membantu memperkuat pertahanan yang ada.

Setelah pembahasan materi di lanjutkan sesi tanya jawab. Mahasiswa yang bertanya mendapat merchandise berupa t-shirt. Dan seluruh peserta komunikasi sosial mendapat sertifikat  partisipasi dalam acara tersebut. Acara berakhir pukul 11:00 WIB diakhiri dengan do’a bersama.

 

Penulis: Musyadah Zauqi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *