Mantap! Tim Slentheng Berhasil Mendapatkan Trophy di Kompetisi KMLI 2018.

Tim Slentheng PHB Tegal.

TEGAL–Sabtu,17 November 2018. Mahasiswa D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Tegal mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2018 di Politeknik Negeri Bandung. Kompetisi berskala nasional ini diikuti oleh 24 Perguruan Tinggi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 14-17 November 2018 dalam kompetisi ini terbagi atas beberapa kategori. Adapun kategori utama adalah daya tanjak, slalom, percepatan, pengereman, kecepatan, dan efisiensi. Dan untuk kategori tambahan : poster dan presentasi terbaik, pengemudi terbaik, tim terbaik, desain mobil dan teknologi terbaik, dan rancangan konstruksi terbaik.

Berkat kerja keras dan do’a alhamdulilah Tim Slentheng Mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Tegal tersebut dapat menjadi juara 3 dalam kategori utama Bidang Pengereman. Meskipun mendapatkan juara 3 pencapaian ini dapat dibilang cukup memuaskan pasalnya sudah hampir 1 tahun Politeknik Harapan Bersama Tegal tidak bisa membawa trophy dalam kompetisi ini. Sebelumnya pernah menjadi juara pada tahun 2015 yaitu Juara 1 Bidang Efisien Bahan Bakar serta tahun 2016 Juara 1 Bidang Presentasi Terbaik dan Juara 2 Bidang Pengereman.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia, Melfin Zaenal Asyirin sangat bersyukur atas keberhasilan Tim Slentheng dapat membawa trophy pada kompetisi ini. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama Tegal untuk kesekian kalinya mampu menorehkan prestasi dalam kompetisi ini.

Produk Mobil Listrik dengan nama EV2 yaitu sumber daya dari baterai listrik dengan penggerak motor 2000 W, Controler 400 W. Adapun sistem pengeremannya menggunakan 2 pedal rem dengan 2 master rem. Serta menggunakan caliper brembo 4 Piston agar pengereman lebih pakem. Mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini diantaranya Irvan Fauzi, Yanuar Ramadhan, Ahmad Muhajirin, Ilham Akbar dan Melfin Zaenal Asyirin.

Melfin memiliki harapan besar bagi Mahasiswa Poltek HB khususnya Prodi Mesin agar dapat menggugah semangat belajar dan kreatifitas mahasiswa, supaya berminat mengikuti kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Selain itu supaya bisa membawakan nama baik keluarga dan Poltek HB, pungkasnya.

Penulis: Muhaimin Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *