Popala Mengajak Ormawa PHB dan Mapala Untuk Penanaman 500 Bibit Pohon.

Pantai merupakan salah satu keindahan alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Salah satu  ancaman yang dapat merusak pantai adalah abrasi. Oleh karena itu menjaga ekosistem pantai itu sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan alam pantai.

Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Pencinta Alam (POPALA), kembali mengadakan kegiatan penanaman 500 pohon yang diadakan pada hari Minggu (11/11) di pantai Batam Sari, kelurahan Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal. Kegiatan ini  merupakan agenda tahunan dari UKM Popala sendiri.

Dengan mengajak Ormawa PHB dan anggota Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) yang ada di kota Tegal dan Kabupaten Tegal, membuat kegiatan berjalan lancar. Para peserta dari masing-masing organisasi pun antusias mengikuti setiap rangkaian acara kegiatan. Sejak awal dimulai penanaman bibit dari bibir pantai sampai depan gerbang pintu masuk pantai. Bibit yang ditanam adalah bibit jenis cemara laut yang didapatkan dari tempat persemaian bibit yang berada di desa Baros, Brebes.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mecegah abrasi pantai dan menjaga menghijaukan pantai. Sebagai organisasi pencinta alam, ukm popala berharap seluruh masyarakat khususnya di pesisir pantai mempunyai kesadaran untuk mejaga lingkungan pantai.

“Harapan saya dengan diadakan kegiatan ini adalah pertama semoga bibitnya bisa tumbuh dengan baik, kedua semoga masyarakat di sekitarnya bisa menjaga tanaman dan lingkungan sekitar, dan ketiga semoga setelah diadakan penanaman pantainya jauh lebih hijau, sejuk dan bisa bikin nyaman pengunjung serta tanaman itu bisa sedikit membantu mencegah abrasi pantai seperti tujuan awal penanaman,” kata Nelly Saadah ketua panitia kegiatan penanaman 500 pohon.

 

Penulis: M. Fatkhurozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *