JIWA MUDA YANG BERKARAKTER.

Pada tanggal 8 – 10 September 2018 kemarin, Politeknik Harapan Bersama (PHB) menyelenggarakan pendidikan karakter yang bertempat di Batalyon Infanteri 407 Adiwerna, Tegal. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru. Disini para calon mahasiswa  akan di didik serta diajarkan tentang kedisiplinan, rasa saling menghormati, saling menghargai agar mereka saling mengenal satu sama lain.

Kurang lebih 960 calon mahasiswa baru dari semua program studi, mengikuti agenda pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini sendiri terlaksana selama 3 hari 2malam dengan sejumlah agenda. Para calon mahasiswa dikelompokkan menjadi empat kompi. Kompi-kompi tersebut didampingi oleh enam puluh orang tentara, diantaranya empat puluh orang bertugas sebagai pelatih dan sisanya sebagai bagian komunikasi dan keamanan. Tidak hanya tentara, dosen dari masing-masing program studi pun ikut mendampingi, dibantu dengan mahasiswa senior.

Kegiatan di hari pertama dibuka dengan upacara pembukaan oleh Ketua yayasan dan Komandan dari Batalyon 407 yang dilanjutkan sesi foto bersama para tentara dan dosen. Selanjutnya para calon mahasiswa di berikan materi tentang wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Hari kedua diisi dengan Pelatihan Baris-berbaris (PBB) oleh para pelatih masing-masing kompi. Untuk menambahkan rasa kebersamaan, ketangkasan, dan kedisiplinan, para peserta diajak untuk outbond dengan permainan yang menyenangkan dan menantang. Acara semakin meriah saat malam inagurasi. Disini calon Mahasiswa baru semakin di akrabkan lagi dengan pentas seni  yang menampilkan bakat-bakat dari mahasiswa.

Hari terakhir kegiatan ditutup dengan lomba yel-yel dan PBB, dengan di damping pelatih dari masing-masing kompi. Kompi satu dan dua berhasil meraih juara umum karena kekompakan dan kreativitas dalam membuat yel-yel.

“Pemuda sekarang sudah kurang memahami norma dan sopan santun terhadap sesama terlebih ke orang tua. Jadi diharapkan setelah pulang dari sini, mahasiswa lebih mempunyai kepedulian dan empati terhadap orang tua, teman, dansekitarnya” ujar Eka Adi P.S.

Jiwa muda yang berkarakter harus mempunyai rasa saling menghargai terhadap orang lain, memiliki rasa tanggungjawab dan disiplin terhadap waktu.

 

Penulis: Fatimah Rahma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *