KEMBALI … MAHASISWA PHB MENGHARUMKAN NAMA DI KANCAH NASIONAL.

Azka Willdan Mukholladun, beserta teamnya berhasil mengharumkan nama almamater Politeknik Harapan Bersama di kancah Nasional lewat ajang Kompetisi Mobile Application Competition (MAC IT Holic) yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Teknologi, Bandung. Pada tanggal 2 Agustus di Jl. Laswi No.5, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lewat karya SMART TEGAL APPS, Azka sapaan akrabnya bersama team keluar sebagai pemenang mengalahkan ratusan karya dari berbagai universitas di negeri ini yang bersaing untuk menunjukan masing-masing karyanya di kota yang dikenal dengan kota sejuknya.

Menurut Pria yang gemar dengan sepakbola ini, bersama teamnya. Meski awalnya ada kendala dalam pembuatan aplikasi, karena spesifikasi laptop yang sangat minim dan waktu. “Waktu pembuatan aplikasi ini, saya dan team memakan waktu dua puluh hari setelah melakukan pendaftaran di IT Holic 2018”. Ujarnya. Namun kendala itu semua terlewati dengan niat dan semangat mereka dan kerjasama team.

Smart Tegal Apps sendiri merupakan sebuah aplikasi yang berjalan pada platform android dengan fungsi untuk melaporkan kejadian darurat ke pihak instansi terdekat yang menangani kejadian darurat seperti Rumas sakit, Damkar, Polisi. Dan pengaduan  masyarakat mengenai kerusakan insfrastruktur jalan yang kemudian tindak lanjutnya dipantau langsung oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot).

Disamping dapat melakukan pelaporan kejadian darurat, dan pengaduan masyarakat, Smart Tegal Apps juga terdapat fitur-fitur lainnya seperti E-Business dan E-Health (Konsultasi dengan dokter terdekat). Guna membantu pengelolaan Kota Tegal yang handal dalam mendukuing pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan partisipatif, sehingga menjadi Tegal Smart City.

Dengan peserta lebih dari seratus, namun tekad para mahasiswa politeknik sangatlah patut di banggakan. Persaingan yang sangat ketat, team PHB masuk sampai babak final dan menembus blokade universitas yang sangat ternama. Dibabak final, team PHB mengalahkan dua Universitas lain, dan keluar sebagai juara pertama, Universitas Telkom Bandung yang berada diposisi kedua dan Mahasiswa Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang di posisi ketiga.

Ketika ditanya, apa harapan terbesar setelah mendapat gelar sebagai juara, Pria ramah ini dengan santai menjawab, “Harapan aplikasi tersebut dapat diimplementasikan dan direalisasikan di Kota Tegal, dan rencana team kami akan ikut dalam event di TBIG Creation 2018 Jakarta dengan produk yang berbeda”.

“Selalu bijak untuk menggunakan teknologi informasi, gunakanlah sesuatu dengan baik dan benar, bermanfaat serta membuat kita lebih berkembang”. Pesan Azka untuk pemuda PHB.

Team PHB yang berhasil merebut juara dalam ajang Mobile Application Competition IT HOLIC 2018, Azka Willdan Mukholladun (Ketua Team), Novianto Arief Wibowo, Fanni Nadya Putra.

 

Penulis: Novrizal Ryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *