HAL YANG SERING DILUPAKAN TENTANG GIGI YANG BISA JADI INI BAHAYA, SIMAK INI!

Beberapa hari yang lalu, kami team jurnalis mata kampus menyambangi kediaman dokter gigi muda di salah satu sudut kota Tegal. Namanya drg. Oktalia Ika Puspita. Selain menjadi dokter gigi, perempuan yang suka dengan dunia anak ini, menggeluti dunia modeling bahkan pernah menjadi duta wisata kabupaten Tegal. Berikut hasil wawancara kami bersama perempuan yang memiliki tinggi sekitar 170 cm mengenai kesehatan gigi yang sering kita lupakan betapa pentingnya.

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam organ tubuh kita, karena konsumsi makanan melalui mulut diproses dengan cara mengunyah, dan gigi merupakan bagian tubuh pertama kali yang berfungsi untuk menghancurkan makanan sebelum masuk ke proses pencernaan.

“Gigi itu sangat penting, terutama untuk orang-orang yang bekerja di dunia yang bertatap muka dengan orang lain secara langsung. Apalagi saat berbicara.” Menurut drg. Okta, saat disambangi oleh team jurnalis mata kampus. “Tidak lucu kan saat kita bersosial dengan orang lain, gigi kita depannya berlubang, atau bau mulut” pasti lawan bicara kita terkadang ill feel,”tambahnya.

Cara merawat gigi yang baik menurut dokter yang murah senyum ini diantaranya, sikat gigi dua kali sehari, yaitu sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur, banyakin makan buah segar, kurangi makan makanan manis, dan sering periksa gigi minimal enam bulan sekali ke dokter gigi.

Terkadang juga saat puasa seperti ini, ataupun di hari biasa, mulut kita terkadang bau saat berbicara. Yang membuat perbincangan kita dengan lawan tersendat. Nah ada beberapa yang menyebabkan kita bau mulut, pertama karena karang gigi, dan gigi berlubang. Karena gigi berlubang dapat menyebabkan banyaknya sisa makanan mudah masuk ke sela-sela gigi.

Cara mengeluarkan sisa makanan yang masuk ke dalam gigi berlubang, pakai air garam hangat atau air sirih. Kebanyakan pasien yang sering datang ke tempat kliniknya adalah untuk merapikan gigi/ menambah keindahan gigi atau yang dikenal dengan estetik. Yang termasuk estetik gigi adalah membersihkan karang gigi, memberikan berlian pada gigi dan menambal gigi berlubang.

Itulah beberapa hasil wawancara kami team jurnalis dengan drg. Okta. Dokter Okta sendiri adalah lulusan Universitas Padjajaran pada Bulan Desember tahun 2016. Namun baru pada bulan september tahun 2017 membuka praktek di Jalan pala 2 No. 966 Mejasem Kota Tegal.

 

Penulis: Novrizal Ryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *