Berkarya dan Berpenghasilan di Youtube.

Dewasa ini, manusia sangat tergantung pada internet, setiap hari kita pasti menggunakan internet. Tanpa sadar internet menjadi kebutuhan pokok manusia zaman sekarang. Fasilitas semakin dimudahkan saja, bahkan dengan menggunakan smartphone, beberapa pekerjaan anda dapat terselesaikan.

Namun dapatkah dari internet itu sendiri, kita dapat mempunyai penghasilan?. Banyak sekarang ini beredar bisnis online persaingan juga semakin ketat. Lalu bagaimana ketika kita ingin berkarya dan mendapatkan penghasilan ?. Salah satunya menjadi seorang content creator youtube bisa menjadi pilihan anda.

Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal jurusan Desain Komunikasi Visual, Moh. Iqbal Fajrus P. tengah menggeluti hobi yang dimilikinya dan dapat mempunyai penghasilan sendiri, menjadi seorang content creator yang tengah ditekuninya sejak Juli 2016. Selain membuat video ilustrasi untuk channel youtubenya, Iqbal juga menerima beberapa pesanan video ilustrasi untuk pribadi dan perusahaan.

Berawal karena tertarik, untuk tahu cara bagaimana menghasilkan uang dari youtube . Kemudian Laki-laki kelahiran Tegal ini mencoba untuk membuat chanel yang menarik perhatian. Dimulai dengan membuat beberapa video ilustrasi Wira Nagara, kemudian beberapa video tutorial memperbaiki komputer. Dengan 2 chanel yang dimilikinya karyanya dapat dikenal dan dari penghasilan yang didapatnya, Iqbal menuturkan dapat membiayai kuliahnya, membantu orang tua dan memenuhi kebutuhan pribadinya. Dengan subriber 17.093 di channel Iqbal Fajrus berisi content hiburan (ilustrasi) dan 8.199 di channel “If Repair” berisi content tutorial.

Iqbal menuturkan, untuk menarik penonton agar melihat chanel kita, terlebih dahulu kita mengerti apa yang sedang diminati publik (viral), atau dengan menambahkan ciri khas di dalam channel youtube kita.

Selain itu, untuk pemula disarankan mengikuti aturan dari youtube yang berlaku. Tidak me- reupload tanpa izin karya orang lain, karena itu termasuk sebuah pelanggaran, yang tentunya berdampak pada channel youtube anda nantinya. Akan lebih bangga jika kita dapat menghasilkan karya sendiri dan diketahui oleh orang lain.

“Buatlah channel apa yang kalian kuasai dibidang kalian, bisa main game buat saja channel game.” tutur Moh. Iqbal Fajrus

Bukankah menyenangkan jika anda memiliki penghasilan dari hobi yang anda dijalani sekarang?. Tidak hanya menjadi youtuber anda bisa menjadi blogger atau sesuai dengan kreativitas anda miliki,dan bonusnya anda bisa berpenghasilan sendiri. Dan akan lebih bijak lagi jika anda menggunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat.

 

Penulis: Resti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *