LEVITASI BUAT FOTOMU MELAYANG.

Tau teknik levitasi? Atau mungkin pernah mencoba foto sambil loncat biar kelihatan seperti melayang? Atau pernah memotret benda yang jatuh? Atau mungkin pernah memotret kucing jatuh dari genteng? hehe… Ya itulah yang disebut levitasi (levitation photography). Levitasi adalah salah satu teknik fotografi yang membuat objek seakan melayang melawan grafitasi.

Foto levitasi ini sebenarnya sudah dikenalkan sejak tahun 1905 lewat karya foto Jacques Henri Lartigue. Lalu teknik foto ini di populerkan kembali oleh fotografer perempuan asal Sakura bernama Natsumi Hayashi. Sampai saat ini foto levitasi masih populer, lebih lagi di kalangan anak remaja yang ingin fotonya menarik. Bahkan tenik ini juga dipakai untuk foto wedding.

 Sebenarnya foto levitasi ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan manual dan editing (menggunakan photoshop atau sejenisnya). Manual maupun editing sama saja kok, objek dibuat melayang seperti yang sudah di jelaskan. Namun jika Sobat ingin membuat fotonya lebih menarik dan ekstrim yang tidak memungkinkan untuk foto manual, editing bisa dicoba. Seperti yang dilakukan kebanyakan fotografer dan anak muda jaman now.

 Namun kali ini saya hanya menjelaskan levitasi manual saja. Karena teknik manual akan butuh kerjasama dengan model, jadi model dan fotografer juga harus klop yah. Berikut ini cara pengambilan foto levitasi, diantaranya:

  1. Gunakan shutter speed yang tinggi, karena dengan kita memanfaatkan shuter speed yang tinggi kita dapat membekukan gerakan objek yang sedang kita potret. Shuter speed yang digunakan antara 1/500-1/1000. Untuk Sobat yang pake smartphone bisa menggunakan mode sport, biasanya disimbolkan dengan orang yang sedang lari.
  2. Perhatikan cahaya, cahaya yang masuk kekamera harus pas. Karena dengan menggunakan shuter speed yang tinggi, cahaya yang masuk juga harus banyak dari biasanya.
  3. Karena memang pada umumnya sebuah foto yang baik bisa menceritakan sesuatu,jadi coba bikin cerita di fotomu. Agar yang melihat foto Sobat tau pesan apa yang akan disampaikan kepada mereka. sehingga foto Sobat bisa jauh lebih hidup.
  4. Siapkan modelnya, model disini tidak harus manusia bisa juga benda atau hewan. Untuk lebih menarik biasanya juga di selingi properti seperti payung, balon, sapu lidi (biar kayak di film-film gitu..hehe) atau apapun yang dapat mendukung cerita dari fotomu. Untuk Sobat yang ingin terlihat fotonya bener-bener original (tanpa editing) sebisa mungkin menangkap bayangan dari objeknya juga, supaya objek benar-benar terlihat melayang.
  5. Jaga kestabilan foto supaya tidak blur. Sebaiknya menggunakan bukaan lensa kecil saja, misal f/8 agar foto tetap tajam.

Khusus untuk model nih, jangan cuma asal loncat yah. Model juga harus memperhatikan mimik wajah, tangan, bahkan kaki akan seperti apa dan diarahkan kemana agar ceritanya terlihat hidup.

Sudah siap mencobanya? Semoga bermanfaat. Salam sukses, terus semangat belajar dan salam jepret.

 

Sumber : http://www.saveseva.com/pelajari-teknik-mudah-membuat-foto-levitasi-cara-memotret-objek-melayang/

Belajar Teknik Foto Levitasi

 

 

Penulis: Siti Fatimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *