FORMASI PHB AJAK OLAHRAGA SAMBIL IBADAH.

Sabtu 24 Februari 2018 kemarin, Forum Mahasiswa Islam (Formasi)  memperkenalkan olahraga memanah. Acara itu diselenggarakan di kampus 2 Politeknik Harapan Bersama, di Jl. Dewi Sartika pesurungan kidul Tegal dengan jumlah peserta lebih dari 80 orang. Karena ini adalah acara umum, peserta yang hadirpun datang dari berbagai tempat. Ada Mahasiswa dari selain politeknik juga yang ikut meramaikan acara ini.

 Memanah dipilih oleh formasi karena tidak terlalu sulit dalam menyiapkan sarana dan prasarananya. Juga didasarkan oleh HR.Ahmad, yang intinya  diantara berkuda, memanah dan berenang yang paling dianjurkan oleh Rasul adalah memanah. Selain itu, acara ini juga sebagai tempat silaturahmi dengan alumni anggota formasi dan komunitas memanah dari luar. Serta sebagai wadah untuk memperkenalkan Formasi kepada umum.

 Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dilanjutkan dengan sedikit penjelasan tentang memanah oleh Ustadz Solihin dan Mas Malik sebagai pemateri dan pelatih. Setelah diberi pengetahuan tentang arti memanah dalam islam dan tatacara memanah, para peserta mulai mencoba teknik yang telah diajarkan. Walaupun mereka nampak sedikit kesulitan dalam memegang busur serta melesatkan anak panah, namun itu tak mematahkan semangat mereka untuk belajar.

Panitia juga memberikan hadiah untuk peserta yang bisa mengenai terget atau yang paling dekat dengan target (titik kuning yang ada di tengah). Peserta mendapatkan giliran lima kali untuk mengenai terget yang ada di depan mereka. Dan peserta yang beruntung mendapatkan bingkisan dari panitia adalah Khairu dari peserta laki-laki dan Suhesti Wahyu dari peserta perempuan.

Acara ini juga diselingi penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Yang diharapkan dapat membantu mereka untuk meringankan sedikit beban. Lalu ditutup dengan ucapan terimakasih dan bacaan hamdalah, sebagai wujud terimakasih kepada Allah atas kelancaran acara ini.

“Panitia berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat, baik secara ilmu pengetahuan ataupun fisik. Serta dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari memanah. Juga dapat menjadi jalan untuk menuju syurga Allah. Seperti yang sudah di jelaskan oleh Ustadz Solihin bahwa memanah termasuk tamasya yang mengantarkan kejalan syurga”, begitu penuturan Anggi dan Umi sebagai ketua dan sekretaris.

 

Penulis: Siti Fatimah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *