UKM POPALA Ajarkan Penanaman 1000 Bibit Pohon Cemara dalam Rangka Memperingati Hari Penanaman Pohon Sedunia

TEGAL, matakampus.com – Pada tanggal 12 November 2017, tepatnya  Minggu pukul 09.00 WIB telah dilakukan acara tahunan UKM POPALA (Politeknik Pecinta Alam). Acara ini dilakukan dalam rangka “Hari Penanaman Pohon Sedunia” yang diperingati setiap tanggal 26 November. Kegiatan tersebut bertempat di pantai Panggung, Kota Tegal.

Dalam kegiatan ini, bibit yang digunakan berupa bibit pohon cemara. Bibit tersebut didapat dari tempat persemaian bibit yang berada di desa Baros, Brebes. Peralatan yang digunakan untuk menanam bibit pohon antara lain bor biopori, ajir (sebilah bambu), tali dan bibit pohon cemara. Dalam kegiatan tersebut, panitia dari UKM POPALA mengajarkan mengenai bagaimana cara menanam bibit pohon cemara. Adapun tahapan penanamannya yaitu :

  1. Siapkan peralatan dan bibit pohon cemara yang sebelumnya telah diberi pupuk dalam polybag
  2. Tentukan lahan yang akan ditanami bibit
  3. Lubangi tanah menggunakan bor biopori dengan kedalaman 15-20 cm (bibit kecil), 20-30 cm (bibit besar), serta jarak antar bibit kira-kira 2 m
  4. Sobek bagian bawah polybag agar unsur tanah dan tanaman bisa beradaptasi dengan tanah yang ada di pantai
  5. Masukkan bibit kedalam tanah yang sudah dilubangi dan tancapkan ajir untuk menahan tiupan angin pantai yang cukup kencang
  6. Rapikan tanahnya agar merata,
  7. Ikatlah bibit pohon (jangan terlalu kencang) bersamaan dengan ajir.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta, diantaranya peserta dari internal (anggota dan calon anggota POPALA) dan eksternal (Jurnalis Mata Kampus, STAPALA STIB Slawi, SMK Harapan Bersama Tegal, SMK YPT Tegal, SMK Astrindo, dan Goes Bike Mania). Dalam acara ini, ketua BEM dan BPM dari Politeknik Harapan Bersama pun ikut berpartisipasi. Seluruh peserta mengikuti serangkaian acara ini dengan penuh antusias.

“Penanaman 1000 bibit pohon bertujuan untuk mengurangi abrasi di pantai Panggung, sekaligus untuk menanamkan rasa cinta lingkungan kepada calon anggota POPALA agar dapat ikut melestarikan lingkungan,” ujar Dimas Rizki Isnenta selaku ketua panitia kegiatan tersebut.

Pada acara kali ini UKM POPALA pun berharap dapat menggerakkan masyarakat sekitar agar ikut andil dalam usaha merawat dan melestarikan lingkungan, terutama masyarakat pesisir pantai Panggung. Penanaman ini juga dapat mengurangi abrasi pantai yang mudah sekali terjadi saat ini,  karena minimnya kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan pantai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *