Waspadai Lunula Hilang!!

LU..NULA trus GUE apa dong? hehe.. fix abaikan. Jika diperhatikan lebih dekat, pada kuku tangan kamu terdapat tanda bulan sabit atau setengah lingkaran yang berwarna putih. Tanda bulan sabit ini memiliki nama latin “Lunula”. Tidak banyak orang yang mengetahui pada bagian ini, padahal setengah lingkaran berwarna putih disekitar kuku kamu, sebenarya merupakan bagian yang sangat sensitive dan penting. Ukuran lunula yang membentuk disetiap kuku dapat menunjukan apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak. Semakin sedikit lunula/sabitnya maka kesehatan, konsentrasi dan kekebalan tubuh semakin menurun. Nah sekarang coba cek kuku kalian masing-masing.

Lalu hubungan tanda sabit ini dengan kesehatan apa yah? Mau tau? Oke.. simak yuk..

  1. Lunula di ibu jari, jika hilangnya lunula pada ibu jari kalian, ini menunjukkan adanya penyakit psikologis. Psikologis disini maksudnya adalah kamu mudah depresi. Depresi adalah mood yang menurun drastis untuk melakukan aktivitas yang dapat mempengaruhi pikiran, perilaku, perasaan dan kenyamanan. Belum lagi efek berantai yang ditimbulkan karena depresi, seperti halnya hilangnya nafsu makan, insomnia, dan mood yang berubah-ubah.
  2. Lunula di jari telunjuk dan kelingking. Tidak adanya lunula atau terlihat sangat kecil di jari telunjuk/kelingking dapat menunjukan bahwa seseorang memiliki masalah pada ususnya. Selain itu, hilangnya lunula di jari tersebut mengindikasikan adanya masalah dengan hati dan pankreas. Dan khusus dalam kasus perempuan, akan ada masalah dengan sistem reproduksi.
  3. Lunula di jari tengah. Hilangnya lunula pada bagian ini bisa mengidentifikasi seseorang terkena masalah penyumbatan arteri. Arteri memiliki peran penting dalam tubuh manusia karena berfungsi untuk menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jika kamu seorang perokok aktif, sudah dipastikan lunula di jari tengah hanya sedikit atau bahkan hilang sama sekali.
  4. Lunula di jari manis. Hilangnya lunula pada jari manis menjadi tanda bahwa seseorang memiliki masalah dengan sistem endokrin. Endokrin sendiri adalah penghasil hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain yang menghasilkan lebih dari 100 hormon untuk mempertahankan dan mengatur fungsi dasar pada tubuh. Sistem endokrin mengawasi banyak sekali proses pada tubuh yang melibatkan pertumbuhan, reprodusi, kekebalan dan homeostasis (kesetimbangan dinamis).
  5. Area lunula berwarna biru. Bagus yah warna biru J. nanti dulu.. Area lunula yang berwarna biru menunjukan bahwa seseorang menderita penyakit Wilson’s disease (Penyakit Wilson). Apa itu ? ini adalah penyakit gangguan genetik karena tumpukan zat tembaga di berbagai organ vital sepert hati, kornea mata, dan otak. Wilson’s disease terjadi karena hati tidak berfungsi untuk mencerna zat tembaga secara sempurna, akibatnya fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi, hingga menyebabkan kematian.
  6. Lunula terlihat samar di seluruh jari. Jika terjadi seperti ini atau bahkan tidak nampak sama sekali itu menjadi tanda seseorang terkena anemia atau diabetes. Sistem metabolisme tubuh yang lambat, serta jumlah racun yang banyak dalam tubuh, juga dapat menjadi samarnya area lunula.
  7. Lunula merah muda transparan. Dan tahukah kamu, bahwa manusia denga kondisi sehat memiliki 8–10 area lunula dikedua jari tangannya. Lunula yang sehat ditandai dengan warna merah muda transparan, karena pembluh darah dibawahnya yang berbayang.

Lagi.. jika lunula hanya ada pada jari jempol saja, ada baiknya mulailah waspada dan memperhatikan kesehatan. Karena ini mendandakan bahwa energi fisik seseorang sedang rendah dan mudah sakit.

Masalah kesehatan, hal sekecil apapun tetap harus diperhatikan. SALAM SEHAT, SEMOGA BERMANFAAT.

 

Penulis: Erni Hemamalini (Jurnalis Mata Kampus, Mahasiswa DKV Semester 3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *