Hal-Hal Yang Membuat Anda Semakin Pintar

Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang pintar? Pasti semua ingin menjadi orang pintar. Karena pintar adalah sesuatu yang sangat berharga, bernilai, dan sangat diinginkan oleh banyak orang.  Namun banyak orang yang bilang kalo menjadi orang yang pintar itu sulit. Tidak ada kata sulit sebelum dicoba. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Namun jarang sekali bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki dirinya sendiri. Maka dari itu carilah kelebihan dan kekurangan kita terlebih dahulu. Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan nya. Asahlah kelebihan kita dan minimalisir kekurangan kita.

Ada banyak hal atau cara yang dapat membuat diri kita semakin pintar antara lain:

1. Sering Membaca

Hal petama yang membuat kita semakin pintar adalah dengan sering membaca. Dikarenakan membaca dapat menambah suatu wawasan atau ilmu yang belum pernah kita ketahui. Membaca buku apa saja, baik yang berhubungan dengan edukasi atau non edukasi. Karena dengan membaca kita dapat memiliki pengetahuan yang luas dan mengetahui hal baru yang belum pernah kita ketahui atau kita temui.

2. Mencatat

Mulailah dari mencatat hal yang tidak kita ketahui saat guru atau dosen sedang memberi materi.  Atau bisa juga dengan  mencatat sesuatu yang terdengar asing ditelinga kita saat sedang berbicara dengan orang lain atau teman. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang telah kita catat. Setelah menemukan hal yang kita cari, catat kembali. Lakukan hal tersebut berulang-ulang, tanpa disadari apa yang kita lakukan merupakan  salah satu metode menghafal dan memahami.

3. New Destination

Pergi atau mengunjungi tempat baru atau tempat yang belum pernah didatangi. Karena dengan kita mendatangi tempat yang belum pernah kita kunjungi, dengan otomatis kita akan mendapatkan hal yang belum pernah kita temui. Dan kita akan mendapatkan pengalaman yang baru.

4. Menonton dan Membaca Berita

Berita adalah sekumpulan informasi yang didapat dari berbagai daerah yang menginformasikan suatu kejadian yang terjadi pada daerah tersebut. Dengan kita mengetahui informasi atau kejadian yang terjadi diluar sana kita dapat menambah suatu wawasan, dimana wawasan itu sangat berharga bagi kita. Misal didalam berita menginformasikan suatu kejadian Ekonomi yang terjadi di Indonesia. Informasi yang kita dapat bahwa “Perekonomian Indonesia sedang mengalami keterpurukan.” Dari informasi tersebut kita dapat mengetahui bahwa Perekonomian Indonesia sedang terpuruk. Dari apa yang telah kita baca dan kita dengar, kita dapat memahami dan mengetahui kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

Ingat!! Sukses bukan kunci dari kebahagiaan. Namun kebahagiaan adalah kunci dari kesuksesan seseorang. Teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah. Apa yang kalian capai hari ini adalah hasil dari apa yang pernah anda lakukan. Dan yang anda lakukan hari ini adalah menentukan hasil dimasa yang akan mendatang.

 

Penulis: Muhammad Mushlihul Umam (Jurnalis Mata Kampus, Mahasiswa Akuntansi Semester 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *