Penguatan Pendidikan Karakter Kenalkan Mahasiswa Baru Tentang Cinta Tanah Air

Penguatan pendidikan karakter merupakan bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Harapan Bersama (Polek HB) Tegal tahun 2017. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai materi tentang kebangsaan dan cinta tanah air. Dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2017 bertempat di Batalyon Infanteri (Yonif) 407 Padma Kusuma Adiwerna.

Hari pertama, dibuka dengan upacara dan penyampaian materi tentang nasionalisme oleh wakil komandan Ali Timor yang bertempat di Aula Batalyon Infanteri 407. Dalam upacara pembukaan Ali Timor mengungkapkan agar para mahasiswa menjadi generasi penerus bangsa yang mengetahui seperti apa kondisi negara Indonesia, membangkitkan jiwa nasionalisme, serta membidik calon generasi bangsa yang kuat dan tidak lemah.

Setelah upacara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Outdoor yang dilaksanakan di lapangan batalyon. Sebanyak 803 mahasiswa, terbagi menjadi tiga Kompi, kemudian dibagi lagi dalam 5-6 Pleton. Satu Pleton terdiri dari 47-48 mahasiswa berbagai prodi. Maksud dari penggabungan berbagai prodi ini, supaya para mahasiswa saling mengenal satu sama lain tidak hanya teman satu prodi saja.

Hari kedua, diisi dengan outbond. Kegiatan ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki fisik yang kuat dan tangguh, serta berani menghadapi ketakutan yang mereka miliki. Disesi akhir kegiatan, para peserta yang dipandu oleh prajurit TNI diminta membuat yel-yel untuk dilombakan. Dalam perlombaan ini kompi satu menjadi pemenang yel-yel terbaik, disusul oleh kompi dua di urutan kedua, dan kompi tiga di urutan ketiga.

Tidak hanya yel-yel saja yang dilombakan, dasar ilmu dalam persatuan baris-berbaris (PBB) juga ikut dilombakan. Dalam lomba PBB, kompi dua meraih Juara 1, Juara II dari kompi tiga dan Juara III diraih oleh kompi satu. Kompi dua sekaligus terpilih menjadi Juara Umum karena dinilai dari kekompakan dan kedisiplinan para anggota selama tiga hari kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter berlangsung.

Penulis: Novrizal Ryanto

Jurnalis Mata Kampus

Mahasiswa Akuntansi Semester 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *